5 Fakta Menarik Sushi, Makanan Khas Jepang

Sushi

Cari Tahu Yuk, 5 Fakta Menarik Tentang Sushi Makanan Khas Jepang

sushi_1

Sushi merupakan Salah satu kuliner kebanggaan Negeri Sakura yang banyak memberikan banyak kesan di dunia kuliner, khususnya di Indonesia. Tidak hanya sebatas makanan, sushi melingkupi nilai seni dan budaya Jepang di dalamnya. Lalu apa sebenarnya yang membuat Anda ingin membayar mahal untuk sebuah ikan mentah? Berdasarkan hasil rangkuman dari beberapa laman, salah satunya how-to-japan.com (19/9/2019), berikut lima fakta unik tentang sushi yang mungkin belum Anda ketahui.

1. Bukan negara pertama pencipta Sushi
Jepang memang sangat erat dengan yang namanya makanan sushi. Tapi tahukah Anda bahwa Jepang bukan satu-satunya negara pertama yang menciptakan sushi? Jauh sebelum Hanaya Yohei menciptakan sushi pada zaman Edo akhir sekitar tahun 1800s, Narezushi, merupakan frementasi ikan yang dibalut dengan nasi pertama muncul di daerah Asia Tenggara. Sempat dipopulerkan di kawasan Mekong sebelum akhirnya tersebar ke dataran China dan Jepang.

2. Nasi pada sushi sebenarnya bukan untuk dimakan
Awalnya sushi merupakan ikan frementasi yang dibalut dengan nasi. Namun ternyata, balutan nasi pada sushi aslinya digunakan untuk memfrementasi ikan untuk mendapatkan rasa gurih atau umami. Singkatnya, bagian yang dimakan pada sushi hanyalah ikan yang sudah di umami dengan balutan nasi. Teknik ini awalanya dilakukan untuk menjaga ikan dari serangan lalat.

3. Makizushi adalah seni makanan
Makizushi adalah jenis sushi roll yang sering ditemukan. Mulai dari restoran Jepang hingga supermarket umumnya menjual sushi roll dengan beragam variasi rasa. Walaupun sudah banyak tersebar dan terbilang mudah untuk ditemukan, namun ternyata Makizushi merupakan representasi dari seni yang sangat serius di Jepang. Bahan-bahan Makizushi aslinya hanya dipilih oleh master sushi sehingga tekstur, warna dan rasanya akan juah berbeda. Ciri khas Makizushi biasanya dibuat langsung sehingga konsumen dapat melihat bentuk artistik dari Makizushi.

4. Sushi merupakan Makanan Cepat Saji di Jepang
Jika dapat kembali ke masa lalu, mungkin Anda bisa merasakan momen di mana menikmati sushi sepuasnya cukup dengan uang recehan. Meskipun sekarang ini sushi dianggap menjadi kuliner menengah ke atas, tapi awalnya sushi hanyalah makanan cepat saji yang dijual dengan harga yang sangat murah di Jepang.

5. Sushi dimakan harus dengan Tangan
Sebagai orang awam terkadang kita masih salah dengan cara makan sushi yang baik dan benar. Salah satu kesalahan makan sushi yang paling sering terjadi adalah memakan sushi dengan sumplit. Sejatinya, sumplit digunakan untuk memakan sashimi, sedangkan sushi dapat dimakan langsung dengan tangan loh guys.

Leave a Reply

Your email address will not be published.