7 CAKE PALING LARIS DAN TERPOPULER DI DUNIA

red velvet cake

CAKE TERPOPULER DI DUNIA

Cake adalah produk bakery terpopuler yang juga menggunakan tepung terigu sebagai bahan dasar. Namun cake tidak menggunakan ragi sebagai pengembang seperti halnya roti, melainkan cake emulsifier yang fungsinya lebih untuk membuat adonan menjadi lebih stabil dan tekstur lebih lembut.

Cake banyak digemari masyarakat terutama bagi anak-anak sampai usia lanjut karena teksturnya yang lunak, rasa yang enak dan
penampilannya yang beragam. Cake kerap disajikan pada acara-acara formal seperti pesta pernikahan dan ulang tahun. Berikut beberapa Cake terpopuler dan terlaris di dunia.

1. Chiffon Cake (1948-1956)

Chiffon cake merupakan salah satu cake yang paling terkenal karena teksturnya yang ringan dan sangat lembut, mirip dengan Angel Food Cake. Chiffon Cake banyak disebut sebagai perpaduan antara foam dan butter cake.

Dikutip dari The Rake, sejarah kue ini sudah ada sejak tahun 1920-an, dan diciptakan oleh penjual roti bernama Harry Baker. Dia menjual resepnya ke Betty Crocker pada tahun 1948 dan ketika dia menjual Chiffon cake tersebut, kue itu menjadi salah satu tren makanan baru pada 1950-an. Selama bertahun-tahun, Chiffon cake jeruk dan lemon merupakan varian paling populer.

2. Carrot Cake (1967-1971)

Menurut sejarah, carrot cake sudah ada sejak tahun 1892. Awalnya kue ini hanya disajikan pada saat acara besar seperti perayaan ulang tahun, pernikahan, hari besar kenegaraan, dan lain sebagainya. Kue ini bahkan tercatat pernah disajikan sebagai santapan George Washington di hari pembebasan New York dari penjajahan Inggris pada tahun 25 November 1783 yang dikenal dengan nama British Evacuation Day. Awalnya penggunaan wortel pada kue ini sebagai pengganti gula karena pada saat itu harga gula sedang melonjak naik.

Tercatat bahwa pada tahun 1960-an, carrot cake baru mulai bermunculan dan bisa ditemukan di berbagai toko kue. Carrot cake disukai banyak orang karena teksturnya yang padat serta cita rasanya yang unik karena ada rasa manis dari wortel. Kue yang bisa disantap oleh segala umur ini lebih sering disajikan sebagai kudapan saat waktu luang di sore hari. Carrot cake semakin digemari karena kue ini tergolong sehat untuk dikonsumsi bagi orang-orang yang sedang melakukan diet. Penggunaan wortel pada kue bisa mengurangi penggunaan gula. Ada banyak nutrisi yang terkandung dalam carrot cake, mulai dari vitamin A, serta betakaroten yang terkandung di dalamnya.

3. Tiramis├╣ (1984-1987)

Tiramis├╣ merupakan kue khas Italia dengan taburan bubuk kakao di atasnya. Kue ini merupakan hidangan penutup yang dimakan dengan sendok, sehingga digolongkan ke dalam hidangan “al cucchiaio” (“dengan sendok”). Kue yang bertekstur kenyal, dilimpahi cokelat, dan espresso, saat itu hanya diperkenalkan di restoran Amerika pada 1980-an, dan warga Amerika langsung jatuh cinta pada kue itu.

Asal usul dan pencipta tiramisu sering menjadi bahan perdebatan, tidak ada yang tahu pasti kapan kue ini ditemukan. Seiring berjalannya waktu, cake itu menjadi makanan penutup yang diturunkan dari generasi ke generasi. Pada tahun 1987, ada ratusan variasi berbeda yang dibuat di restoran dan toko roti di seluruh negeri. Roti atau kue, diisi dengan coklat, dan dari sanalah tiramisu tercipta.

4. Chocolate praline layer cake (1988)

Chocolate praline layer cake diperkenalkan pertama kali pada tahun 1988 di sebuah kompetisi Pillsbury Bake-Off. Kue lapis coklat praline ini memiliki proses pembuatan yang lumayan rumit. Chocolate praline layer cake ini mendapat sorotan pencinta kuliner karena rasanya yang enak.

Julie Bengtson menemukan resep Devil’s cake dengan coklat dan whipping cream yang dibuat dengan lebih mudah. Resep ini membuktikan bahwa campuran kue kotak gak lagi membosankan, dan kue lapis gak harus sulit untuk dibuat. Mulai dari sini kue berlapis semakin populer dan menjadi tren kuliner.

5. Funfetti Cake (1989-1990)

Funfetti cake ini dibuat dan dikenalkan oleh Perusahaan Pillsbury pada tahun 1989. Pada saat proses pembuatan kue tersebut, mereka memberikan taburan meses warna-warni di adonan kue tersebut. Tampilan unik kue itu dimaksudkan untuk menargetkan demografi anak-anak. Meskipun ide itu cukup sederhana, tetapi menurut The New York Times, cake itu sangat digemari pada 1990-an, terutama sebagai kue ulang tahun. Funfetti cake ini masih populer sampai sekarang. Cake ini masih bisa ditemukan di beberapa toko kue.

6. Chocolate Lava Cake (1991-1994)

Chocolate lava cake pada era tahun 1990-an sempat menjadi idola dessert. Disebut lava cake karena saat kue dibelah maka keluaran cairan saus cokelat, layaknya lahar pada gunung berapi. Selain itu lava cake juga dikenal dengan sebutan kue truffle cokelat. Berasal dari Pantai Timur, cake ini dibawa ke barat oleh koki pastry bernama Sherry Yard. Dia menyebutnya “makanan penutup viral tahun 90-an”. Chocolate lava cake ini pun menjadi sangat umum hingga kini, kue dengan cokelat yang meleleh saat dibelah ini tetap manjadi kue andalan di beberapa restoran.

7. Red Velvet Cake (1996-1999)

Red Velvet cake terkenal dengan warna merah mencoloknya, warna merah yang melambangkan unsur seksi ini menjadikan cake tersebut terlihat begitu menggoda untuk disantap. Selain warna merah menyala yang menjadi daya tarik utama keseksian Red Velvet, keistimewaan dari cake ini terletak dari krim olesannya. Jika umumnya krim olesan cake terbuat dari mentega putih atau krim putih telur alias maringue, krim olesan pada Red Velvet menggunakan cream cheese yang dipadu dengan vanilli dan sedikit gula bubuk sehingga menghasilkan rasa asam, gurih, dan manis menjadi satu.

Red Velvet cake sudah ada sejak abad ke-19, tapi saat ini masih belum benar-benar diketahui sejarah darimana sebenarnya kue red velvet ini berasal. Red Velvet Cake merupakan salah satu hidangan penutup favorit bagi warga Amerika. Ciri khas dari cake ini yaitu memiliki tekstur yang lembut, velvety, dan campuran rasa cokelat dan tangerinenya. Karena teksturnya tersebut Red Velvet sering disebut sebagai Devil’s Food Cake. Cake ini masih populer hingga sekarang dengan variasi yang lebih banyak lagi tentunya.

Itulah beberapa cake terpopuler dan terlaris di dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.