Ada yang tau beda Gimbap dengan Sushi ? inilah 5 Perbedaannya

kimbab

Berikut 5 Perbedaan Antara Gimbap Dengan Sushi

sushi vs kimbab

Kimbab dan sushi, makanan kembar ini memang sering membuat kita bingung. Mereka mempunyai tampilan yang sama namun tentu saja cita rasa dan teksturnya berbeda. Meskipun dilapisi dengan rumput laut dengan isian berupa gulungan nasi, kamu akan merasakan perbedaan hidangan ini ketika disantap. Selain itu, masih banyak perbedaan dari kedua hidangan ini yang dapat kamu lihat.

kedua makanan ini memiliki asal negara yang berbeda. Sushi sudah pasti berasal dari Negeri Sakura atau Jepang, dan gimbap atau kimbap berasal dari Negri Ginseng atau Korea Selatan.
kebetulan kedua negara tersebut juga bertentangga, sehingga keduanny kerap sekali tertukar bagi orang awam yang binggung. Berikut 5 perbedaan antara Gimbap dan Sushi, jika kamu masih belum tahu.

1. Tipe Nasi
Meskipun kedua hidangan ini disajikan dengan metode yang hampir sama, yaitu dengan nasi gulung yang dilapisi dengan rumput laut, salah satu perbedaannya adalah nasi yang digunakan tidak sama. Kimbab pada umumnya menggunakan nasi merah dan bisa variasi nasi lainnya, sedangkan Sushi hanya menggunakan nasi biasa saja. Walaupun kimbab tidak memiliki variasi isian yang banyak, namun variasi mereka berada pada nasi yang digunakan.

2. Bumbu
Bumbu pada sushi pada umumnya menggunakan cuka, gula, dan garam dengan proporsi yang pas untuk menambahkan cita rasa dan melakukan pencegahan agar tidak terasa asam. Sedangkan, untuk kimbap, bumbu yang digunakan adalah minyak wijen, biji wijen, dan pemanis. Itulah mengapa rasa kimbap lebih manis daripada sushi.

3. Isian
Perbedaan besar pada kedua hidangan ini adalah isian yang jelas berbeda. Sushi biasanya dihidangkan dengan ikan mentah segar. Ikan tersebut harus segera dihidangkan. Sedangkan, kimbap memiliki isian yang sudah matang seperti daging merah, telur, fishcake, dan imitasi daging kepiting. Koki modern biasanya juga menggunakan variasi lain seperti ham, kimchi, mayonnaise, dan KBBQ. Jika kamu merupakan vegetarian atau vegan, kamu juga dapat menyantap kimbap dengan isian kimchi.

4. Rasa dan Tekstur
Tekstur sushi yang biasanya terkenal adalah rasanya yang asin dan sedikit manis, serta teksturnya yang lebih lunak. Berbeda dengan kimbap yang lebih renyah karena adanya sayuran seperti acar lobak, kimchi, dan mentimun. Cita rasa yang ditemukan dari kimbap juga asam dari bahan kimchi dan manis dari wortel dan daging di dalamnya.

5. Metode Pembuatan
Kimbap merupakan makanan Korea yang biasanya disajikan oleh ibu atau sang istri di rumah. Berbeda dengan sushi, makanan ini disajikan dengan banyak seni yang biasanya diolah oleh koki andal sebagai makanan berseni. Kimbap lebih sering disajikan sebagai makanan kaki lima di Korea atau sebagai makanan sehari-hari yang disajikan di rumah.

Nah, itu dia perbedaan sushi dan kimbap. Memang bentuknya terlihat sama, namun variasi dan isi tentu saja berbeda. Jadi, yang mana yang lebih enak? Sushi atau kimbap? Semuanya tentu saja tergantung selera orang masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published.